Pengertian BUZZWORD
Buzzword
adalah semacam sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan atau bisa juga
dikatakan sebagai sebuah gosip yang membicarakan sesuatu yang sedang “ngetrend”
dikalangan masyarakat. Hal ini biasanya untuk mengungkapkan istilah-istilah
baru sebagai bahan pembicaraan hingga menjadi buah bibir yang hangat untuk
dibicarakan. Buzzword itu sendiri juga bisa menjadi sebuah perantara yg dapat
mengubah persepsi atau pandangan orang lain mengenai suatu produk. Buzzword
yang baik mengenai suatu produk tentu saja dapat meningkatkan citra positif
dari produk itu sendiri.
Buzzword terbagi menjadi 2, yaitu
positif dan negatif.
1. Yang
pertama adalah buzzword positif, yaitu sebuah hal yang sedang “ngetrend” pada suatu komunitas yang dapat mengubah persepsi yang
baik sehingga anggota dari sebuah komunitas berkeinginan untuk memiliki produk
yang dibicarakan.
Contoh:
Mobil Putih awalnya hanya dianggap sebagai mobil “ambulance” yang jelek, putih,
dan mempunyai warna yang membosankan. Tetapi saat ini banyak sekali komunitas
yang membicarakan mengenai mobil berwarna putih yang terlihat lebih keren,
mewah, dan maskulin. Dan juga banyak sekali media yang mengulas mengenai mobil
putih, hal inilah yang membuat orang tertarik memiliki mobil berwarna putih
karna mengikuti trend yang ada dan bila memakai mobil warna putih saat ini
seolah olah mengingkatkan gengsi sang pemakai produk.
2. Bicara
mengenai buzzword yang negatif itu banyak sekali, banyak komunitas yang
menerima isu isu miring yang menjadi buah bibir serta hangat untuk dibicarkan.
Hal ini yang menjadikan tingkat penjualan suatu produk mengalami penurunan yang
sangat drastis.
Contoh
: Mc Donald awalnya adalah sebuah produk makanan cepat saji yang menjadi
favorit karna menjual kenyaman dan menjual tempat “nongkrong” serta tempat
berkumpul keluarga yang asik. Tetapi tiba” ada isu mengenai bahwa daging burger
yang digunakan adalah dari sapi yang dicincang secara hidup-hidup dengan mesin
giling tanpa dipotong lehernya dan dipisahkan dari tulang-tulangnya. Berita ini
menjadi buah bibir karna isu yang beredar dan akhirnya membuat pelanggan McD
ini menjadi enggan memakan makanan cepat saji yang ditawarkan Mc Donald.
Apa yang harus dilakukan saat
BUZZWORD mereda?
Saat
buzzword mereda, hal yang pertama dilakukan adalah sebuah perusahaan harus
terjun langsung ke lapangan (masuk ke dalam suatu komunitas tertentu) untuk
mengetahui reaksi dari komunitas tersebut serta mengenalkan suatu produk sesuai kebutuhan
komunitas tersebut. Mungkin juga dengan membangun kembali sebuah istilah atau
informasi baru mengenai produk pada suatu komunitas atau sebuah kelompok yang
sudah dikenal hingga menjadi buah bibir kembali. Awalnya sebuah perusahaan
menggunakan buzzword di sebuah komunitas untuk meningkatan penjualan sebuah
produk, satelah mereda, perusahaan harus mengecek kembali reaksi publik dengan
memberikan informasi baru dan yang
“ngetrend” saat ini hingga dapat mengingatkan kembali suatu produk.
Taktik Demerit to Merit
Taktik
demerit to merit yang cocok untuk kasus ini adalah mencari kelemahan yang akan menjadi
sebuah kelebihan. Dalam kasus mobil berwarna putih sudah jelas mempunyai
kelemahan karna dianggap sebagai seperti mobil ambulan yang tidak enak
dipandang mata serta menurunkan gengsi si pemakai bahkan harga jualnya sangat
rendah. Tetapi karna saat ini mulai banyak mobil berwarna putih yang di
tampilkan di media seperti majalah sebagai mobil yang menampilkan kesan elegan,
maka mobil berwarna putih mulai digandrungi dan dipersepsikan oleh orang-orang
sebagai mobil yang elegan dan berjiwa muda. Hal inilah yang menjadikan mobil
berwarna putih mempunyai kelebihan yang dapat menarik perhatian serta
diinginkan oleh tiap orang. Maka sudah tidak ada lagi persepsi bahwa mobil
berwarna putih seperti itu mobil ambulan, justru mobil berwarna putihlah yang
sekarang menjadi “trend” di kalangan masyarakat. Dan tentunya harga jualnya
sudah tidak rendah lagi, tetapi sudah mulai bersaing dengan mobil warna
lainnya. Perusahaan memang diuntungkan karna proses produksi mobil berwarna
putih itu rendah (murah) karna hanya membutuhkan cat berwarna putih, dari
proses pembuatan mobil yang murah inilah saat mobil berwarna putih dijual akan
menjadi mobil yang mahal karna banyaknya permintaan dari konsumen.
Analisa
BUZZWORD dari segi Perilaku Konsumen
Cara
mengatasinya adalah dengan merubah persepsi mobil berwarna putih yang dianggap
sebagai mobil ambulan menjadi mobil yang elegan dan berjiwa muda. Cara
merubahnya adalah dengan membuat sebuah event pertemuan workshop para pebisnis
muda, dan dalam event tersebut ditampilkan mobil mobil mewah dengan warna putih
di tempat parkir VIP atau di lobby tempat acara berlangsung seperti di hotel.
Dan para tamu yang datang sekilas pasti akan melihat mobil putih tersebut dan
tentu akan menjadi bahan pembicaraan kaum pebisnis muda. Pebisnis muda ini pun
melihat sosok mewah dan elegan yang ditampilkan dari mobil ini. Karna mereka
kalangan pebisnis muda, sudah pasti membicarakan mengenai otomotif yang menjadi
faktor peningkat rasa gengsi. Jadi mereka seolah olah menginginkan mobil
berwarna putih itu sebagai kebutuhan. Terlebih lagi mobil mobil putih sudah
banyak dipakai kaum pebisnis dengan gaya hidup yang mewah dan elegan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar