Kamis, 16 Januari 2014

Perilaku Konsumen - Mengenal istilah BUZZWORD



Pengertian BUZZWORD

Buzzword adalah semacam sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan atau bisa juga dikatakan sebagai sebuah gosip yang membicarakan sesuatu yang sedang “ngetrend” dikalangan masyarakat. Hal ini biasanya untuk mengungkapkan istilah-istilah baru sebagai bahan pembicaraan hingga menjadi buah bibir yang hangat untuk dibicarakan. Buzzword itu sendiri juga bisa menjadi sebuah perantara yg dapat mengubah persepsi atau pandangan orang lain mengenai suatu produk. Buzzword yang baik mengenai suatu produk tentu saja dapat meningkatkan citra positif dari produk itu sendiri.


Buzzword terbagi menjadi 2, yaitu positif dan negatif.

1.      Yang pertama adalah buzzword positif, yaitu sebuah hal yang sedang “ngetrend” pada  suatu komunitas yang dapat mengubah persepsi yang baik sehingga anggota dari sebuah komunitas berkeinginan untuk memiliki produk yang dibicarakan.

Contoh: Mobil Putih awalnya hanya dianggap sebagai mobil “ambulance” yang jelek, putih, dan mempunyai warna yang membosankan. Tetapi saat ini banyak sekali komunitas yang membicarakan mengenai mobil berwarna putih yang terlihat lebih keren, mewah, dan maskulin. Dan juga banyak sekali media yang mengulas mengenai mobil putih, hal inilah yang membuat orang tertarik memiliki mobil berwarna putih karna mengikuti trend yang ada dan bila memakai mobil warna putih saat ini seolah olah mengingkatkan gengsi sang pemakai produk.

2.    Bicara mengenai buzzword yang negatif itu banyak sekali, banyak komunitas yang menerima isu isu miring yang menjadi buah bibir serta hangat untuk dibicarkan. Hal ini yang menjadikan tingkat penjualan suatu produk mengalami penurunan yang sangat drastis.

Contoh : Mc Donald awalnya adalah sebuah produk makanan cepat saji yang menjadi favorit karna menjual kenyaman dan menjual tempat “nongkrong” serta tempat berkumpul keluarga yang asik. Tetapi tiba” ada isu mengenai bahwa daging burger yang digunakan adalah dari sapi yang dicincang secara hidup-hidup dengan mesin giling tanpa dipotong lehernya dan dipisahkan dari tulang-tulangnya. Berita ini menjadi buah bibir karna isu yang beredar dan akhirnya membuat pelanggan McD ini menjadi enggan memakan makanan cepat saji yang ditawarkan Mc Donald.


Apa yang harus dilakukan saat BUZZWORD mereda?

Saat buzzword mereda, hal yang pertama dilakukan adalah sebuah perusahaan harus terjun langsung ke lapangan (masuk ke dalam suatu komunitas tertentu) untuk mengetahui reaksi dari komunitas tersebut serta  mengenalkan suatu produk sesuai kebutuhan komunitas tersebut. Mungkin juga dengan membangun kembali sebuah istilah atau informasi baru mengenai produk pada suatu komunitas atau sebuah kelompok yang sudah dikenal hingga menjadi buah bibir kembali. Awalnya sebuah perusahaan menggunakan buzzword di sebuah komunitas untuk meningkatan penjualan sebuah produk, satelah mereda, perusahaan harus mengecek kembali reaksi publik dengan memberikan informasi  baru dan yang “ngetrend” saat ini hingga dapat mengingatkan kembali suatu produk.

Taktik Demerit to Merit

            Taktik demerit to merit yang cocok untuk kasus ini adalah mencari kelemahan yang akan menjadi sebuah kelebihan. Dalam kasus mobil berwarna putih sudah jelas mempunyai kelemahan karna dianggap sebagai seperti mobil ambulan yang tidak enak dipandang mata serta menurunkan gengsi si pemakai bahkan harga jualnya sangat rendah. Tetapi karna saat ini mulai banyak mobil berwarna putih yang di tampilkan di media seperti majalah sebagai mobil yang menampilkan kesan elegan, maka mobil berwarna putih mulai digandrungi dan dipersepsikan oleh orang-orang sebagai mobil yang elegan dan berjiwa muda. Hal inilah yang menjadikan mobil berwarna putih mempunyai kelebihan yang dapat menarik perhatian serta diinginkan oleh tiap orang. Maka sudah tidak ada lagi persepsi bahwa mobil berwarna putih seperti itu mobil ambulan, justru mobil berwarna putihlah yang sekarang menjadi “trend” di kalangan masyarakat. Dan tentunya harga jualnya sudah tidak rendah lagi, tetapi sudah mulai bersaing dengan mobil warna lainnya. Perusahaan memang diuntungkan karna proses produksi mobil berwarna putih itu rendah (murah) karna hanya membutuhkan cat berwarna putih, dari proses pembuatan mobil yang murah inilah saat mobil berwarna putih dijual akan menjadi mobil yang mahal karna banyaknya permintaan dari konsumen.


Analisa BUZZWORD dari segi Perilaku Konsumen

Cara mengatasinya adalah dengan merubah persepsi mobil berwarna putih yang dianggap sebagai mobil ambulan menjadi mobil yang elegan dan berjiwa muda. Cara merubahnya adalah dengan membuat sebuah event pertemuan workshop para pebisnis muda, dan dalam event tersebut ditampilkan mobil mobil mewah dengan warna putih di tempat parkir VIP atau di lobby tempat acara berlangsung seperti di hotel. Dan para tamu yang datang sekilas pasti akan melihat mobil putih tersebut dan tentu akan menjadi bahan pembicaraan kaum pebisnis muda. Pebisnis muda ini pun melihat sosok mewah dan elegan yang ditampilkan dari mobil ini. Karna mereka kalangan pebisnis muda, sudah pasti membicarakan mengenai otomotif yang menjadi faktor peningkat rasa gengsi. Jadi mereka seolah olah menginginkan mobil berwarna putih itu sebagai kebutuhan. Terlebih lagi mobil mobil putih sudah banyak dipakai kaum pebisnis dengan gaya hidup yang mewah dan elegan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar